LOGBOOK

Just an ordinary weblog

Bahasa Tumbuhan

with 5 comments

Waktu jalan-jalan di wikipedia, aku nemuin link yang menurut aku lucu. Di sini nih yang menurut aku lucu
http://map-bms.wikipedia.org/wiki/Basa_Brebes
Walaupun aku asli dari Tegal (*inibukaniklan*), tapi aku lebih lama di Brebes, soalnya masa SMP & SMA aku habiskan di Brebes.
Nah terus apa maksud title di atas? No offense, ini cuma guyon aja. Aku sering menyebut bahasa banyumasan sebagai bahasa tumbuhan. Sebenarnya sih aku cuma ngikutin istilah mas Tukul empat mata itu. Tapi bener kok, aku selalu senyum sendiri kalo denger bahasa-bahasa khas banyumasan. (Lho? aku kan orang Tegal) Emang, tapi tetep aja aku ngerasa klo bahasa Tegal tuh bahasa yang unik. mbalik maning nang laptop.

Bahasa Tegal dan bahasa Brebes sebenarnya tidak begitu jauh bedanya, tapi kalo sampeyan-sampeyan bukan dari Tegal atau Brebes, akan kesulitan membedakannya. Beda yang paling kentara adalah penggunaan kata inyong, sebenernya tidak sepenuhnya benar kalo di Tegal pake istilah inyong, yang saya tahu di Tegal tuh pake istilah enyong, inyong tuh kalo ngga salah dipake di daerah tegal timur ke arah Pemalang. Nah kalo di Brebes jarang ada pengiyonyan, di sana lebih banyak pake aku daripada inyong atau enyong.

Bahasa Brebes di wikipedia, hampir semuanya aku tahu artinya tapi ternyata banyak juga yang belum aku tahu, kaya merceka, wasnyad (sering denger tapi ngga tahu artinya), truwal, dan ada lagi yang lain. Mungkin ada dari temen-temen yang tahu istilah itu, atau kalo mo tanya silahkan, kali aja ada yang pengen tahu :D.

Jadi inget waktu masih kuliah di Bandung, kalo aku di tanya “Mas, aslinya mana?”, aku bilang dari Brebes, soalnya kalo aku bilang dari Tegal pasti yang nanya langsung ketularan ikut-ikutan pake bahasa Tegal. Aneh emang. Tapi kalo aku sebutin Brebes biasanya si penanya ngga nanya apa-apa lagi (soalnya banyak yang masih belum tahu Brebes). Tapi lama-lama aku sadar, kenapa pula aku harus sembunyiin identitas asal aku. Apalagi setelah temen SMA aku ikut ngekost bareng, wah… makin parah bahasanya :D, itulah yang mengakibatkan aku sampe sekarang tidak bisa bahasa Sunda walaupun hampir tiga tahun di Bandung. Kalo aku dan Aqifun (temen satu kost) pergi jalan/keluar, kita ngga gengsi pake bahasa peng-inyongan. soalnya prinsip aku, kalo ada yang tertawa karena denger cara kita ngomong, artinya kita udah bisa sedikit bikin orang lain bahagia.

regard//dodi

Written by r34d3r

December 4, 2007 at 11:54 am

Posted in funny stuff

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Dasar “TEGAL” !!

    onay

    December 5, 2007 at 4:46 am

  2. @onay
    Baru aja dipublish udah ada orang yang ‘bahagia’ karena bahasa ku ini…

    r34d3r

    December 5, 2007 at 5:11 am

  3. hihihi .. gw salah satu orang yang ketawa ketika mendenger dikau berkicau dengan bahasa negaramu itu… lucu bro .. gw malah kepengen belajar nih bahasa negera lo itu .. biar kalo makan di warteg dapet diskon .. heheheh

    Rumbai

    December 13, 2007 at 3:11 am

  4. @Rumbai a.k.a Odink
    kekekeke….. klo lu pengen belajar bahasa nyentrik gw, lu cukup sering nongkrong aja di warteg, terus tongkrongin tuh warteg, biarin orang2 di warteg nganggep lu aneh, yang penting tonkrongin terus…… 😀

    Odink ini salah satu teman seperjuangan dalam mengadu nasib demi sesuap nasi di team migrasi….. (tragis gitu bahasanya…..),
    nb: tuh blog lu masih ngga ngijinin komen dari selain blogspot member….

    r34d3r

    December 13, 2007 at 3:46 am

  5. wkwkwkwkwkwkwkwkkwkw……………………………….. it’s me u’re friend in the kostan…..ekekekekkekekekekeke

    Qfun

    May 29, 2008 at 9:02 pm


Leave a comment