LOGBOOK

Just an ordinary weblog

Acer 4520 + BlankOn2

with 3 comments

Sewaktu pulang dari tugas di Surabaya, alhamdulilah ada rejeki buat beli laptop. Aku beli laptop Acer 4520 di Harco Mangga Dua. Sebenarnya waktu itu tidak ada niatan buat beli laptop tapi gara-gara lihat speknya akhirnya ngga tahan juga. Spek yang aku liat di informasi hardwarenya:

  • AMD Turion 64X2, TL-56 (1.8 Ghz, 2 x 512 L2 cache)
  • NVIDIA GeForce 7000M
  • 512 MB DDR2 (tapi aku minta upgrade sampai 1 GB DDR2)
  • 80 GB HDD
  • DVD-Super Multi DL
  • 802.11b/g WLAN
  • Bluetooth 2.0+EDR

Buat aku spek segitu udah lebih dari cukup. Paket penjualannya emang minim, paling cuma dapet tas aja, (mungkin ini yang bikin harganya ekonomis). Pertama-tama yang aku lakukan setelah membelinya adalah menginstal OS W** Vista karena waktu itu saya belum punya CD Ubuntu Feisty. Aku coba instal Vista yang 64bit, tapi drivernya tidak semuanya support untuk arsitektur 64bit. Setelah aku dapet pinjeman CD Ubuntu Feisty 64bit, aku coba instal di Acer aku, tapi ternyata agak mengecewakan, soalnya audio dan video-nya ga jalan (grafis jalan pake safe mode alias vesa ๐Ÿ˜€ ), akhirnya aku coba Ubuntu Feisty yang 32bit, ternyata sama juga. Coba install Fedora 7 sama juga. Aku coba lagi instal UbuntuStudio7.04, lumayan sih audionya jalan, tapi grafisnya masih jelek. Coba pake Restricted Drivers Manager malah ngga bisa masuk X.

Tapi sekarang lain, laptopku sudah dikenal dengan baik oleh BlankOn2, cuma satu kekurangannya, modemnya masih belum bisa detek. Di sini saya coba untuk buat catatan gimana cara instal BlankOn2 di Acer 5420. Yang harus pertama dipersiapkan tentu saja CD BlankOn2, bisa didapatkan di sini atau di sini. Dan ada satu pengalaman yang aku dapatkan setelah beberapa kali instal BlankOn2 di Acer aku ini, yaitu jangan langsung konek ke internet ketika menginstal BlankOn2. Biar saja instal dari CDnya. Karena jika dikonekkan ke internet sewaktu instal, proses instalasi akan mencoba untuk konek ke internet dan mengambil paket-paket yang terbaru. harusnya emang bagus, tapi yang saya alami malah get worst. Audio ngga jalan sama sekali walaupun sudah melakukan recompile untuk alsa, alsa-drivers, dan alsa-utils yang terbaru.

Proses instalasi berjalan seperti biasa, tanpa perlu config yang aneh-aneh. Nah setelah proses selesai, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi

Untuk grafis-nya. Aku hanya perlu menceklist driver grafis yang restricted yang dikenal langsung oleh BlankOn, tapi emang syaratnya harus konek ke internet dulu. Oh iya jangan lupa untuk edit di /etc/apt/sources.list supaya reponya diarahkan saja semua ke kambing dan blankonlinux, tinggal ilangin tanda pager aja kok di file itu. Selanjutnya biarkan BlankOn2 yang mengurusnya, setelah itu reboot.

Untuk audio emang rada ribet nih, harus recompile lagi alsa-nya. Langsung aja deh. Pertama-tama instal tools yang dibutuhkan, kernel headernya juga.
$ sudo apt-get install build-essential ncurses-dev gettext
$ sudo apt-get install linux-headers-`uname -r`
Setelah itu coba download alsa terbarunya, diantaranya

Waktu aku tulis ini, alsa yang terbaru masih versi 1.0.15. (Ganti alsanya jika terdapat alsa terbaru). Setelah dapatkan semuanya, buat dulu directory /usr/src/alsa dan kemudian masukan semua hasil downloadnya ke file tersebut ke folder yang baru di bikin tadi.
$ sudo mkdir -p /usr/src/alsa
$ cd /usr/src/alsa
copy semua hasil downloannya ke /usr/src/alsa dan lakukan ekstraksi pada paket-paket tersebut.
$ sudo tar xjf alsa-driver-1.0.15.tar.bz2
$ sudo tar xjf alsa-lib-1.0.15.tar.bz2
$ sudo tar xjf alsa-utils-1.0.15.tar.bz2
Lakukan kompilasi alsa-drivers dulu:
$ cd alsa-driver-1.0.15
$ sudo ./configure --with-cards=hda-intel
$ sudo make
$ sudo make install
Selanjutnya kompilasi alsa-lib:
$ cd ../alsa-lib-1.0.15
$ sudo ./configure
$ sudo make
$ sudo make install
Terakkhir, kompilasi alsa-utils:
$ cd ../alsa-utils-1.0.15
$ sudo ./configure
$ sudo make
$ sudo make install
Nah… Kalo udah semua, reboot laptopnya.
Setelah itu jalankan perintah di bawah ini untu melihat model sound card yang terdeteksi.
$ cat /proc/asound/card0/codec#* | grep Codec
Output yang yang aku dapatkan seperti ini:
$ cat /proc/asound/card0/codec#* | grep Codec
Codec: Realtek ALC268
Codec: Generic 11c1 Si3054
Kalo dari petunjuk di helps Ubuntu, disuruh untuk melihat konfigurasi pada file ALSA-Configuration.txt di direktori
/usr/src/KERNEL_VERSION/Documentation/sound/alsa
Nah, disini nih anehnya, aku ngga nemuin folder sound dan alsa. Jadi aku coba buat direktorinya secara manual.
$ sudo mkdir /usr/src/linux-headers-2.6.22-14/Documentation/sound # (ganti versi kernelnya kalo beda).
$ sudo mkdir /usr/src/linux-headers-2.6.22-14/Documentation/sound/alsa
Untuk file ALSA-Configuration.txt, aku ambil dari file /usr/share/doc/alsa-base/driver/ALSA-Configuration.txt.gz lakukan ekstrasi file tadi.
$ sudo cp /usr/share/doc/alsa-base/driver/ALSA-Configuration.txt.gz /usr/src/linux-headers-2.6.22-14/Documentation/sound/alsa/
$ cd /usr/src/linux-headers-2.6.22-14/Documentation/sound/alsa/
$ sudo gunzip ALSA-Configuration.txt.gz
Lalu coba lihat file ALSA-Configuration.txt, untuk melihat model soundcard yang terdeteksi. Keanehan terjadi lagi, aku ngga nemuin ALC268. Tapi aku tetep coba lanjutin.
Tahap berikutnya adalah membuka file /etc/modprobe.d/alsa-base dan menyisipkan options snd-hda-intel model=acer dibagian bawah file tersebut. Setelah itu reboot lagi, dan jangan lupa berdoa.

Sekarang aku coba ngoprek di bagian wifinya. Dari beberapa sumber di internet, akhirnya terdeteksi juga wifi aku yang menggunakan chipset AR5BXB63 (klo di win*** emang terdeteksinya sebagai AR5007EG atau AR5006EG). ini langkah-langkahnya:
Lakukan blacklist dulu terhadap driver default yang ubuntu kenalin di chipset wifi ini. Tambahkan tag blacklist ath_pci di bagian bawah file /etc/modprobe.d/blacklist
Selanjutnya remove/disable driver ath_pci menggunakan perintah: $ sudo rmmod ath_pci
Aku perlu ndiswrapper untuk menginstal driver ini jadi, instal dulu ndiswrappernya:
$ sudo apt-get install ndiswrapper-utils-1.9 ndiswrapper-common
Setelah selesai, lakukan instalasi driver wifi menggunakan ndiswrapper dengan memanfaatkan driver wifi untuk Win** XP, bukan Vista. Saya ingatkan sekali lagi, gunakan driver wifi untuk Wi*** XP. Kebetulan saya mendapatkan driver ini dari teman saya Odink, yang memiliki Acer 4520 juga, namun beda sedikit speknya:
$ sudo ndiswrapper -i /media/data/Driver\ dari\ odink/sw2/802bg/Atheros/net5211.inf
Jangan lupa untuk tetap menyertakan file .sys dari driver wifinya pada satu direktori. Di sini ada pengalaman yang agak menakutan, setelah aku jalankan perintah tadi, keluar output yang bersifat looping, jadi aku coba aja berhentiin dengan menekan Ctrl+D, berhenti emang, tapi instalasinya ternyata berhasil. Coba cek pake ndiswrapper -l , nanti keluar output kaya gini :
net5211 : driver installed
device (168C:001C) present (alternate driver: ath_pci)
Edit di bagian /etc/modules biar dia jalanin drivernya tiap kita jalanin ubuntu
$ sudo modprobe ndiswrapper
$ sudo echo "ndiswrapper" >> /etc/modules
Setelah itu coba reboot laptopnya, dan sekali lagi jangan lupa, doanya yah :D.

Untuk Bluetooth tidak ada masalah, BlankOn mendeteksinya dengan baik. Begitu juga dengan CardReadernya. Untuk WebCamnya coba instal aja program cheese:
$ sudo apt-get install cheese
Ehmm… apalagi yah?? Semuanya normal kok, jalanin CompizFusion juga ga masalah. Tinggal Modemya aja sih.

Oya ada satu hal kecil yang menggangu kenyamanan saya, yaitu mac address ethernet aku kok berubah ubah terus yah? Jadi setiap kali booting Mac Addresnya akan dikenali sebagai eth0, kalo aku reboot lagi, akan dikenali sebagai eth1, reboot lagi jadi eth2, begitu seterusnya. Tapi sekarang interface ethernet aku ngga berubah-ubah lagi, tetep di eth0, walaupun mac addressnya berubah-ubah. (Semoga rilis BlankOn/Ubuntu berikutnya bisa memperbaiki bugs ini). File ini yang aku ubah : /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules .
Sebelumnya isinya seperti ini:
dodi@blankon:~$ cat /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules
# This file was automatically generated by the /lib/udev/write_net_rules
# program, probably run by the persistent-net-generator.rules rules file.
#
# You can modify it, as long as you keep each rule on a single line.

# PCI device 0x10de:0x054c (forcedeth)
SUBSYSTEM=="net", DRIVERS=="?*", ATTRS{address}=="00:00:6c:5c:45:16", NAME="eth0"

# PCI device 0x10de:0x054c (forcedeth)
SUBSYSTEM=="net", DRIVERS=="?*", ATTRS{address}=="00:00:6c:aa:98:10", NAME="eth1"

Lalu saya edit jadi seperti ini:
dodi@blankon:~$ cat /etc/udev/rules.d/70-persistent-net.rules
# This file was automatically generated by the /lib/udev/write_net_rules
# program, probably run by the persistent-net-generator.rules rules file.
#
# You can modify it, as long as you keep each rule on a single line.

## PCI device 0x10de:0x054c (forcedeth)
#SUBSYSTEM=="net", DRIVERS=="?*", ATTRS{address}=="00:00:6c:5c:45:16", NAME="eth0"

## PCI device 0x10de:0x054c (forcedeth)
#SUBSYSTEM=="net", DRIVERS=="?*", ATTRS{address}=="00:00:6c:aa:98:10", NAME="eth1"

#Edited By Me 281107
SUBSYSTEM=="net", DRIVERS=="forcedeth", NAME="eth0"

Nah… sekarang semuanya berjalan lancar, kayanya udah cukup untuk hari ini (Cukup apaan? ini overload dod!!), sorri kalo kepanjangan, namanya aja catatan pribadi. Whoa… dah jam 1 kurang 15 menit nih, dah waktunya untuk tidur….

regard//dodi

nb : Catatan ini saya buat berdasarkan link-link berikut:
https://help.ubuntu.com/community/HdaIntelSoundHowto
http://www.uluga.ubuntuforums.org/showthread.php?t=503537
Dan satu lagi, kalo aku baca lagi catatan ini, banyak kerancuan antara kata BlankOn2 dan Ubuntu Gutsy karena emang base dari BlankOn2 dibuat pake Ubuntu GG.

Written by r34d3r

December 4, 2007 at 4:50 pm

Posted in my stuff

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. he..he..inyong asli bukan tegal kok kang..klo ada kata-kata “inyongnya” ya itu hanya bumbu penyedap rasa aja, biar manis kayak gula..Kalo dah manis kayak gula, biasanya semut-semut pada datang..he..hee

    ngomong-ngomong klo beli baru gitu yang lama dikemanain kang..inyong siap menerima lungsurannnya loh kang..peace ajalah

    okebebeh

    December 5, 2007 at 2:03 am

  2. @okebebeh
    kekekee…. enyong sih nyante-nyante bae…
    enyong pikir sampeyan masih satu daerah karo enyong… ๐Ÿ˜€

    yang lama apanya mas? laptopnya maksudnya? klo laptopnya sih baru pertamakali beli (setelah nabung hampir 4 tahunan…=)) )

    thx udah mampir

    Dodi

    December 5, 2007 at 2:23 am

  3. Dasar “TEGAL” !!

    onay

    December 5, 2007 at 4:49 am


Leave a comment